Please select your page
  • Slide Company Address
  • Slide
  • Slide

Sejarah Perusahaan

60 tahun Membangun Bangsa Dari Cikini Sampai Cawang

cikinicawang

PT Yodya Karya (Persero) merupakan perusahaan konsultan perencana badan usaha milik negara (BUMN), hasil dari nasionalisasi perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultansi untuk pekerjaan perencanaan dan pengawasan bangunan gedung.

Yodya Karya merupakan hasil nasionalisasi perusahaan N.V. Job & Sprey yang didirikan pada tahun 1948 oleh Mr. Sprey, seorang berkebangsaan Belanda dan berkantor di Jalan Cikini Raya No. 1 - Jakarta Pusat. N.V. Job & Sprey dinasionalisasikan pada tahun 1958 dan beralih kepada P.N. Yodya Karya dengan diresmikannya melalui PP No. 58 tahun 1961 tentang Pendirian Perusahaan Negara "Yodya Karya". Sejak diresmikan pada 29 Maret 1961, Yodya Karya telah berkembang pesat menjadi konsultan engineering terkemuka di Indonesia.

Eksistensi Yodya Karya tidak terlepas dari kepemimpinan Prof. Dr. (HC) Ir. Roosseno Soerjohadikoesoemo, bapak Beton Indonesia. Salah satu pendiri Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ini, merupakan seorang cendekiawan, politikus, ilmuwan dan guru besar Institur Teknologi Bandung. Sebelum menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Perhubungan, dan Menteri Perekonomian Republik Indonesia, Roosseno merupakan Direktur pertama PN Yodya Karya.

Pada tahun 1970, melalui PP No. 39 tahun 1970, P.N. Yodya Karya beralih bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Perubahan tersebut dikukuhkan dengan Akte Notaris Djojo Muljadi, SH No. 62 Tanggal 15 Maret 1972. PT Yodya Karya (Persero) memulai usahanya dengan modal kerja Rp12.000.000 (dua belas juta rupiah). Pemegang saham tunggal Yodya Karya adalah Departemen Keuangan Republik Indonesia dengan penasehat teknis Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 41, tahun 2003, tentang Pelimpahan Kedudukan , Tugas dan Kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Jawatan (Perjan), maka sejak tanggal 14 Juli 2003 PT Yodya Karya (Persero) pengelolaannya dilimpahkan kepada Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara.

Bertepatan dengan peralihan bentuk perusahaan menjadi perseroan, Ir. Machmud Ali diangkat sebagai Direktur Utama, menggantikan Prof. Dr. (HC) Ir. R. Roosseno. Di bawah kepemimpinan Ir. Machmud Ali, PT Yodya Karya (Persero) semakin berkembang dan berhasil menambahkan aset perusahaan berupa sebidang tanah dan didirikan kantor perusahaan di Jalan D.I. Panjaitan Kav. 8, Cawang - Jakarta Timur. Roda perjalanan perusahaan menunjukkan kemajuan dari waktu ke waktu. Mulai dari kepemimpinan Ir. Machmud Ali, Ir. Wonargo Martowirono (1991), Ir. Soebianto Imam Rahayu (1996), Aries Sirait SE. MBA (2002) Ir. Muhammad Basir, MM (2014).

Pada tahun 2014 Menteri BUMN menunjuk / mengangkat Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM sebagai Direktur Utama PT Yodya Karya (Persero) dibantu oleh Jusarwanto, SE, Ak. sebagai Direktur I dan Ir. Mohammad Ali Khairudin, Sp1 sebagai Direktur II , berdasarkan Surat Keputusan Meneg BUMN No. KEP-129/MBU/2008 tanggal 24 Juni 2008, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Yodya Karya dan Keputusan menteri BUMN no. Kep-190/MBU/2014 tanggal 22 September 2014 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur Utama PT Yodya Karya (Persero). Pada tahun 2018, Komposisi Direksi PT Yodya Karya (Persero) terdiri dari Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM sebagai Direktur Utama dan Menteri BUMN menunjuk atau mengangkat Ir. Delta Hatmantari sebagai Direktur PT Yodya Karya (Persero) menggantikan Ir. Mohammad Ali Khairudin, Sp1.

Di bawah kepemimpinan Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM, perusahaan tetap mengembangkan bidang usaha Jasa Konsultansi untuk pekerjaan mulai Survei, Perancangan dan Perencanaan, Manajemen Proyek, Manajemen Konstruksi, Pengawasan/ Perencanaan pada Bidang Engineering maupun Bidang Jasa Non Konstruksi.

Gerak langkah PT Yodya Karya (Persero) tidak berhenti disitu saja. Sejak tahun 1980 perusahaan memutuskan untuk mengembangkan bidang usahanya pada bidang-bidang engineering yang wawasannya lebih luas. Dengan pengelolaan yang professional dari pihak manajemen serta didukung penuh oleh tenaga ahli yang handal, PT yodya Karya (Persrero) menjadi salah satu perusahaan jasa konsultan yang cukup dikenal dan berkualitas di bidang: Pembangkit Listrik Tenaga Air, Jaringan Transmisi dan Distribusi Listrik, Jalan Raya, Jalan Toll, Jembatan, Lapangan Terbang, Pelabuhan Laut beserta prasarananya, Jalan Kereta Api, Pencetakan Sawah dan Irigasi Pertanian serta Irigasi lainnya, Pengembangan daerah rawa, tambak beserta prasarananya, Perencanaan Pengembangan Kota, Wilayah dan Daerah, Pengembangan Prasarana Kota dan Pedesaan (Air Bersih, Drainase, Limbah, Sampah, Jalan Kota / Desa, Prasarana Pemukiman dan Pasar), Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Rekreasi, Analisa mengenai dampak lingkungan, Pelatihan Lapangan dan Laboratorium untuk Mekanika Tanah, beton dan geoteknik, Penelitian dan Pengembangan Teknologi, Konsultansi Bidang Industri Jasa Konstruksi dan Quality Assurance.

Kemajuan perusahaan selama ini didukung oleh kondisi hubungan kerja yang baik dengan sejumlah Pemberi Tugas, disertai dengan pelayanan teknis dan administratif yang profesional. Hal ini tampak dengan semakin dipercayanya PT Yodya Karya (Persero) menangani proyek-proyek monumental, baik proyek-proyek-proyek pemerintah maupun proyek-proyek swasta.

Dalam melaksanakan tugasnya, perusahaan bekerja sendiri maupun bekerjasama dengan perusahaan asing, apakah itu sebagai "leading firm" maupun sebagai "associated firm". Pekerjaan yang ditangani diantaranya di bidang Tata Kota dan Sanitasi, Bangunan Kantor dan Industri, Daya dan Energi Listrik, Irigasi dan Pelabuhan.

Dalam kerjasamanya dengan Konsultan Asing PT Yodya Karya telah bekerjasama dengan perusahaan Asing dalam proyeknya sebagai berikut : Jerman, Belanda, Amerka Serikat, Korea, Australia, Philipina, Hongkong, Swiss, Selandia Baru, Jepang, Perancis, Inggris, Italia dan Denmark.

PT Yodya Karya (Persero) terus berkembang dengan tetap berpegang pada core bisnisnya, yaitu Jasa Konsultansi untuk pekerjaan mulai Survei, Perancangan dan Perencanaan, Manajemen Proyek, Manajemen Konstruksi, Pengawasan pada Bidang Engineering maupun Bidang Non Engineering. Didukung pula dengan keberadaaan Tenaga Ahli Profesional dan Peralatan yang mengikuti perkembangan Teknologi serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan serta dapat dapat dipertanggungjawabkan.

Login/Daftar

  or   Create an account

Forgot your password? |  Forgot your username?

×